Sunday, July 9, 2017

Tugas 4: Peng. Animasi dan Desain Grafis

ANIMASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT


Pada blog sebelumnya (http://tam-sky.blogspot.co.id/2017/05/tugas-3-peng-animasi-dan-desain-grafis.html), kelompok kami telah membuat storyboard untuk iklan layanan masyarakat "Akibat Membuang Sampah Sembarangan". Video animasi yang kami buat berupa video stopmotion. Adapun video yang kami buat menggunakan software dan aplikasi, diantaranya adalah:
  1. https://www.storyboardthat.com/ digunakan untuk membuat storyboard atau jalan cerita untuk animasi.
  2. Video Show Application digunakan untuk menyatukan video menjadi bagian yang utuh dan menjadi sebuah animasi.
Berikut ini merupakan hasil dari animasi iklan masyarakat "Akibat Membuang Sampah Sembarangan"

Daftar Anggota Kelompok:
  1. Aulia Rosiana           (11114835)
  2. Fatya Nuraini            (14114058)
  3. Halimah                    (14114710)
  4. Tama Riska Hariara  (1A114648)





Sunday, May 28, 2017

Tugas 3: Peng. Animasi dan Desain Grafis

S T O R Y B O A R D

Iklan Layanan Masyarakat


STORYBOARD
         Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun secara berurutan untuk menyampaikan ide serita kepada orang lain agar lebih mudah dipahami, karena dengan storyboard kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita yang disampaikan. Storyboard juga berguna untuk membantu menyusun scene yang berbeda-beda menjadi sesuai dengan skenario dengan lebih mudah dan cepat.

Storyboard juga memiliki fungsi lain, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Sebelum proses pembuatan animasi
  2. Untuk mengingatkan jalan cerita yang akan dibuat oleh animator
  3. Untuk memudahkan membaca berita

  "AKIBAT MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN"

Pada mata kuliah Pengantar Animasi dan Desain Grafis ini, kami ditugaskan untuk membuat sketsa gambar kartun atau yang lebih dikenal dengan storyboard dengan tema Iklan Layanan Masyarakat. Dengan tema tersebut, kami ingin menyampaikannya melalui storyboard dengan judul "Akibat Membuang Sampah Sembarangan". Iklan ini ditujukan kepada masyarakat, agar setiap masyarakat baik golongan muda maupun tua dapat memahami dampak dari pembuangan sampah secara sembarangan. Walaupun dampak yang ditimbulkan tidak secara langsung terjadi, tetapi dimasa yang akan mendatang bila tidak diubah pola kebiasaan buruk membuang sampah maka akan menimbulkan banjir.

Berikut ini adalah gambaran storyboard Iklan Layanan Masyarakat "Akibat Membuang Sampah Sembarangan"

Penjelasan:
  • Gambar 1:  Siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 05 Pagi mulai memasuki sekolah, pelajaran akan segera dimulai dan gerbang sekolah akan ditutup.
  • Gambar 2:  Siswa-siswi mendapat pelajaran mengenai Akibat Membuang Sampah Sembarangan. Dimana dijelaskan oleh Pak Guru bahwa salah satu akibat membuang sampah sembarangan adalah banjir.
  • Gambar 3:  Bel istirahat berbunyi. Siswa-siswi menuju kantin untuk membeli makanan. Sesampainya dikantin, Rachel bertanya kepada seorang temannya yang paling pandai dikelas. Mulai saat itu Rachel menerapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.
 
Penjelasan:
  • Gambar 4:  Waktunya pulang pun tiba. Saat sedang menunggu bus sekolah, Rachel melihat seorang temannya yang membuang sampah makanannya sembarangan. Tidak tinggal diam, Rachel pun langsung menegur temannya.
  • Gambar 5:  Karena menggunakan headset, temannya tidak menghiraukan teguran Rachel. Berhubung Rachel dan temannya turun pada satu tujuan akhir yang sama, maka Rachel kembali mengingatkan temannya yang membuang sampah sembarangan dengan tegas.
  • Gambar 6:  Lain halnya dengan Niko yang turun sedikit jauh dari teman-temannya. Sesampainya ditempat ia turun, Niko menegur dengan sopan seorang bapak yang hendak membuang sampah sembarangan, dikarenakan pembuangan tersebut dekat dengan pemukiman penduduk. 
 
 Penjelasan:
  • Gambar 7:  Teman Rachel yang membuang sampah sembarangan adalah Rudi. Rudi memiliki kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan dan tidak sadar akan dampak yang akan terjadi. Padahal tempat tinggal Rudi tidak jauh dari kali.
  • Gambar 8:  Seorang bapak yang ditegur Niko saat dijalan ternyata adalah ayah Rudi, seperti pepatah mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, begitupula  dengan Rudi dan ayahnya. Saat hujan turun semakin deras, Rudi dan ayahnya terkejut karena jembatan di dekat pemukiman rumah Rudi sudah tertutup oleh air kali beserta sampah yang mengalir.
  • Gambar 9:  Keesokan harinya, air kali semakin meninggi dan mulai masuk ke dalam pemukiman warga, termasuk tempat tinggal Rudi. Akibat kebiasaan buruk yang dilakukan dengan Rudi, akhirnya mereka menyesal dan berjani untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta menjaga lingkungan sekitarnya.
 
 

STORYBOARD LENGKAP

 Pesan Moral:
         Mulailah mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik seperti menjaga lingkungan sekitarmu dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga kesehatan lingkungan yang nantinya akan berdampak positif dimasa yang akan datang, karena menjaga lingkungan itu lebih indah daripada mencemarkannya. 

Daftar Nama Kelompok:
  1.  Aulia Rosiana          (11114835)
  2. Fatya Nuraini            (14114058)
  3. Halimah                     (14114710)
  4. Tama Riska Hariara   (1A114648) 

Sunday, April 16, 2017

Tugas 2 : Peng. Animasi dan Desain Grafis#



SOFTWARE ANIMASI


Animasi berasal dari kata dalam bahasa latin anima, yang berarti jiwa (soul), atau animare yang berarti nafas kehidupan (vital breath). Dalam bahasa Inggris, animation yang berasal dari kata animated atau to animate, yang berarti membawa hidup atau bergerak. Istilah animasi berawal dari semua penciptaan kehidupan atau meniupkan kehidupan ke dalam obyek yang tidak bernyawa atau benda mati (gambar). 

Dari sisi fungsi, penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi software animasi 2D dan software animasi 3D. Berikut sedikit penjelasannya:
1.      Software Animasi 2D
Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan, umumnya tidak sulit. Contoh dari software animasi 2D diantaranya, Macromedia Flash, Adobe Flash, Macromedia Director, ToonBoom Studio, Adobe ImageReady, Corel RaVe, Swish Max, dan sebagainya.

2.      Software Animasi 3D
Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3D. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat objek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure (manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit. Contoh dari software animasi 3D, diantaranya Studio Max, Maya, Poster (figure animation), Bryce (landscape animation), Vue (landscape animation), Auto Cad, dan sebagainya.

Berikut ini saya akan menjelaskan 3 software yang sudah saya sebutkan sebagai contoh dari software animasi:

1.            Autodesk Maya
Autodesk Maya merupakan perangkat lunak computer grafis 3D yang berjalan pada Windows, Mac OS dan Linux. Maya adalah aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan aset 3D untuk digunakan dalam film, pengembangan televise, permainan dan arsitektur. Pengguna menentukan ruang kerja virtual (TKP) untuk menerapkan dan mengedit media suatu proyek tertentu. Adegan dapat disimpan dalam berbagai format, defaultnya adalah mb (Binary Maya).
 

Versi yang tersedia di masyarakat tanpa pembatasan (sekali diaktifkan dengan lisensi produk), kecuali untuk watermark pada output merender. Muncul dengan lisensi 36 bulan penuh. Setelah itu berakhir, pengguna dapat masuk ke masyarakat untuk meminta lisensi 36 bulan baru. Selain itu, lisensi mahasiswa abadi dapat dibeli untuk Maya. Lisensi ini tidak berakhir dan versi mahasiswa dapat ditingkatkan ke versi komersial dengan diskon yang signifikan. Hal ini dapat digunakan bahkan setelah lulusan mahasiswa, pembatasan hanya menjadi penggunaan non komersial. Tidak ada watermark diciptakan selama output, membuat versi mahasiswa Maya cocok untuk pembuatan portofolio. Namun, file yang disimpan dengan versi ini diakui oleh semua versi Maya sebagai file yang dibuat oleh versi mahasiswa.

·         Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
         Maya 3D memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3-D kustom dan memungkinkan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi masing-masing titik individu yang memungkinkan untuk rasa kontrol dan fleksibilitas. Maya 3D memiliki kemampuan yang baik untuk kerajinan karya-karya seni visual jika digunakan dengan benar. Ini memiliki kekuatan besar dalam menyediakan pengaturan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat objek terlihat lebih realistis.

Kekurangan :
         Meskipun Maya 3D adalah sebuah alat yang sempurna untuk kerajinan karya seni visual yang indah masih mengandung beberapa kelemahan yang Anda harus sadar. 3D Maya tidak berisi fitur Bi-PED seperti 3ds Max, yang berarti bahwa untuk menciptakan struktur rangka untuk karakter pengguna banyak membangun satu set “tulang,” banyak seperti membangun kerangka dari bawah ke atas. Hal ini dapat memakan waktu untuk melakukannya, terutama jika Anda membuat kelompok besar karakter untuk film atau video game. Juga, antarmuka untuk Maya 3D belum tentu sesuatu yang baik untuk pemula dan mungkin membingungkan beberapa pengguna pertama kali.

·         Persyaratan Hardware
Autodesk telah menerbitkan persyaratan untuk menjalankan Maya agar kinerjanya memadai. Spesifikasinya yang identik itu untuk platform baik x86 dan x64.
Hardware
Spesifikasi
Processor
Intel Pentium 4 or higher, AMD Athlon 64, AMD Opteron processor, AMD Phenom processor
Video Card
Qualified hardware-accelerated OpenGL graphics cards
Memory
2 GB, 4 GB for 64-bit OS
Hard Drive
10 GB
Optical Drive
DVD-ROM
Internet Browser
Microsoft Internet Explorer 7.0 or higher, Apple Safari, or Mozilla Firefox, or Google Chrome

2.            Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah program yang sangat popular untuk membuat dan memanipulasi grafik dan animasi. Sekarang namanya Adobe Flash. Software ini merupakan salah satu program yang paling umum digunakan untuk membuat halaman web animasi, video player dan aplikasi audio streaming. File flash berekstensi .SWF atau Shockware Flash, meskipun banyak jenis file lainnya yang dapat dilihat atau dimanipulasi dengan software.

Pada program Macromedi Flash  dikenal istilah symbol. Symbol adalah objek yang nantinya akan dijadikan sebuah animasi. Agar sebuah objek dapat dianimasikan, maka objek tersebut harus dijadikan sebuah simbol dengan perintah convert to symbol. Ketiga tipe simbol tersebut, yaitu:
1.      Graphic, digunakan untuk gambar statis dan untuk membuat potongan-potongan animasi yang terangkum pada timeline. Kontrol interaksi dan suara tidak dapat bekerja di dalam animasi simbol graphic.
2.      Button, digunakan untuk membuat tombol interaksi di dalam yang mampu merespon aksi mouse.
3.      Movie clip, digunakan untuk membuat bagian animasi. movie clip mempunyai timeline dengan multiframe sendiri. movie clip dapat berisi kontrol interaktif, suara, maupun movie clip lainnya.

·         Kelebihan dan Kekurangan
      Kelebihan :
-          Merupakan teknologi animasi web yang paling popular saat ini sehingga banyak di dukung oleh berbagai pihak.
-          Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik.
-          Kebutuhan hardware yang tidak tinggi.
-          Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone.
-          Dapat ditampilkan di berbagai media seperti web, CD-ROM, VCD, DVD, televisi, handphone dan PDA.

Kelemahan :
         Kelemahan-kelemahan yang ada di Microsoft power point, seperti penambahan sebuah animasi yang lebih beragam dan menarik serta pengaturan navigasi  yang lebih kompleks  akan bisa diatasi apa bila kita menggunakan Program Macromedia Flash.  Macromedia juga menjadi salah satu alternatif didalam pembuatan animasi bergerak yang kemudian kita kenal dengan istilah kartun. Dengan program ini kita bisa berkreasi  sesuai dengan  selera serta imajinasi, satu hal lagi yang menjadi kehandalan program ini adalah memungkinkan penanbahan sebuah program database, walau sebenarnya ini tidak terlalu penting didalam pembuatan presentasi.
         Terlepas adanya kelebihan-kelebihan tersebut ternyata Macromedia Flash tidaklah dengan mudah bisa digunakan terutama bagi pada pemula. Didalam macromedia flash kita harus menghafalkan beberapa perintah untuk bisa membuat presentasi yang menarik. Kekurangan dari program aplikasi Flash, salah satunya adalah komputer yang ingin memainkan animasi flash harus memiliki flash player. Anda harus menginstallnya, biasanya secara online. Satu lagi, program adobe flash bukan freeware.

·         Persyaratan Hardware
Intel ® Pentium ® 4 3.2GHz prosesor (dual prosesor Intel Xeon ® direkomendasikan), 2GB RAM (4GB disarankan), 1Gb Ethernet card, sementara Adobe ® Flash ® Media Server berjalan pada perangkat keras 64-bit, hal ini memerlukan sebuah sistem operasi 32-bit atau sistem operasi 64-bit yang mendukung program-program 32-bit.

3.            3D Studio Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk,Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.



3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

·         Kegunaan 3D Studio Max
Digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object, baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek tiga dimensi.

·         Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
-          Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
-          Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
-          Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
-          Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.

Kekurangan :
         3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.

·         Persyaratan Hardware
32-Bit 3ds Max 2011 atau 3ds Max Design 2011 untuk Windows. Sistem operasi: Microsoft ® Windows ® 7 Professional, Microsoft ® Windows Vista ® Business (SP2 atau yang lebih tinggi), atau Microsoft ® Windows ® XP Professional (SP2 atau yang lebih tinggi).

KESIMPULAN:
Jadi, dengan adanya tugas ini. Saya dapat membandingkan software-software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 2D maupun 3D. Setelah menjelaskan 3 jenis software diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa Macromedia Flash atau Adobe Flash merupakan salah satu software yang paling banyak diminati dan digunakan untuk pembuatan animasi. Selain itu, hardware yang digunakan juga tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu bagus, cukup dengan RAM 2GB saja kita dapat menggunakannya.

Sumber:

 

Business English 2

Motivation Letter for Applying Information System Programme in Stevens Institute of Technology April 18, 2018 Graduat...